Social Icons

Pages

Minggu, 30 September 2012

Metode Eksplisit Instruction

    Pengertian Metode Eksplisit Instruction adalah Pembelajaran langsung khusus dirancangkan untuk pengembangan belajar siswa tentang pengetahuan prosedur dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah.
Tujuan pembelajaran dapat dicapai melalui berbagai metode pengajaran, yang salah satunya adalah metode pengajaran langsung {Direct Instruction) atau metode Eksplisit Instruction (Arends, 1997). Metode ini memfokuskan pada suatu pendekatan mengajar yang dapat membantu siswa mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Agar efektif, pengajaran langsung mensyaratkan tiap detail keterampilan atau sisi informasi didefinisikan secara seksama. Demonstrasi dan jadwal pelatihan direncanakan dan dilaksanakan secara seksama. Keterampilan dasar itu khususnya adalah pengetahuan prosedural, yaitu pengetahuan tentang bagaimana melaksanakan sesuatu. Pengetahuan lain yang termasuk dalam keterampilan dasar adalah pengetahuan deklaratif, yaitu pengetahuan tentang sesuatu. Jadi metode Eksplisit Instruction dirancang secara khusus untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik dan dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Penekanan pada penguasaan pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif siswa daripada penguasaan inquiry skills dan thinking skills.
Untuk memberikan gambaran bagaimana metode pengajaran langsung, berikut ini contoh rencana pelajaran yang disajikan khusus untuk mengajar pengetahuan deklaratif dan prosedural dengan menggunakan metode ini di kelas. Contoh: Rencana Pelajaran yang Mengajarkan Metode Eksplisit Instruction

Pendahuluan (10 menit)
1.      Mengingatkan dan memotivasi dengan menanyakan kembali pelajaran tentang pelajaran sebelumnya, misalnya menulis hasil wawancara, pertanyaan diarahkan pada hasil wawancara yang telah dibuat siswa.
2.      Menyampaikan inti tujuan pembelajaran, meliputi produk dan proses.
A.     Inti Pembelajaran (30 menit)
1)     Menyajikan informasi kepada peserta dengan meminta peserta membuka buku ajar lalu pelatih mendemonstrasikan pengetahuan deklaratif menulis paragraf eksposisi langkah demi langkah dan juga cara penulisan yang benar langkah demi langkah.
2)     Meminta salah satu peserta untuk menjelaskan kembali hal-hal yang telah didemonstrasikan oleh pelatih, jika terdapat kesalahan langsung diberikan umpan balik.
3)     Meminta peserta untuk mengerjakan LKS tentang pembelajaran menulis paragraf eksposisi.
4)     Meminta perwakilan peserta untuk mempresentasikan hasil kinerjanya dan langsung diberikan umpan balik.
B.     Penutup (5 menit)
Bersama-sama peserta merangkum kegiatan hari ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

  • Media Audio Visual
  • Tujuan, Manfaat dan Langkah-langkah Pembelajaran Q...
  • Konsep Dasar Quantum Reading
  • Evaluasi Pembelajaran Membaca dengan Penerapan Qua...
  • Media Pembelajaran Quantum Reading
  • Jenis dan Ragam Drama
  • Manfaat dan Pengembangan Audiolingual Drama
  • Metode Audiolingual Drama
  • Metode Contextual Teaching and Learning (CTL)
  • Metode Cooperative Sript
  • Kelebihan dan Kekurangan Metode Discovery
  • Langkah-langkah Pelaksanaan Metode Discovery
  • Metode Discovery
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE JIGSAW
  • LANGKAH-LANGKAH METODE JIGSAW
  • Lima Unsur Pembelajaran Cooperative Learning
  • METODE JIGSAW
  • Metode Quantum Writing
  • Langkah-langkah dan Kelebihan serta Kekurangan Met...
  • Metode Resitasi
  • MODEL PEMBELAJARAN
  • Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Group Invest...
  • LANGKAH-IANGKAH GROUP INVESTIGATION
  • PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
  • Quantum Teaching
  • Langkah Pembelajaran K-W-L
  • Tujuan dan Prosedur K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
  • Strategi K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
  • PENERAPAN TEKNIK ALFA PADA KOMPETENSI DASAR MENULI...
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNIK ALFA
  • LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN TEKNIK ALFA
  • TEKNIK ALFA
  • PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW
  • TEKNIK DAN TUJUAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF
  • PEMBELAJARAN KOOPERATIF
  • LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN TEKNIK DISCUSSION START...
  • KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN TEKNIK DISCUSSION STARTER...
  • TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY
  • Kekuatan dan Kelemahan Teknik SQ3R
  • Teknik Membaca SQ3R
  • LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN TEKNIK LNKUIRI
  • JENIS DAN TUJUAN PENGGUNAAN TEKNIK INKUIRI
  • TEKNIK PENGAJARAN INKUIRI
  • Teknik Tell Me What You See
  • Skripsi Bahasa Indonesia
  • Daftar Judul Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Terbaru
  • Free Download Skripsi Bahasa Indonesia
  • Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Sample Text