Pengertian Metode Eksplisit
Instruction adalah Pembelajaran langsung khusus dirancangkan untuk
pengembangan belajar siswa tentang pengetahuan prosedur dan pengetahuan
deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah.
Tujuan pembelajaran dapat dicapai
melalui berbagai metode pengajaran, yang salah satunya adalah metode pengajaran
langsung {Direct Instruction) atau metode Eksplisit Instruction (Arends,
1997). Metode ini memfokuskan pada suatu pendekatan mengajar yang dapat
membantu siswa mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang
dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Agar efektif, pengajaran langsung
mensyaratkan tiap detail keterampilan atau sisi informasi didefinisikan secara
seksama. Demonstrasi dan jadwal pelatihan direncanakan dan dilaksanakan secara
seksama. Keterampilan dasar itu khususnya adalah pengetahuan prosedural, yaitu
pengetahuan tentang bagaimana melaksanakan sesuatu. Pengetahuan lain yang
termasuk dalam keterampilan dasar adalah pengetahuan deklaratif, yaitu
pengetahuan tentang sesuatu. Jadi metode Eksplisit Instruction dirancang
secara khusus untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural
dan pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik dan dapat diajarkan
selangkah demi selangkah. Penekanan pada penguasaan pengetahuan prosedural dan
pengetahuan deklaratif siswa daripada penguasaan inquiry skills dan thinking
skills.
Untuk memberikan gambaran bagaimana
metode pengajaran langsung, berikut ini contoh rencana pelajaran yang disajikan
khusus untuk mengajar pengetahuan deklaratif dan prosedural dengan menggunakan
metode ini di kelas. Contoh: Rencana Pelajaran yang Mengajarkan Metode Eksplisit
Instruction
Pendahuluan (10 menit)
1.
Mengingatkan dan
memotivasi dengan menanyakan kembali pelajaran tentang pelajaran sebelumnya,
misalnya menulis hasil wawancara, pertanyaan diarahkan pada hasil wawancara
yang telah dibuat siswa.
2.
Menyampaikan inti
tujuan pembelajaran, meliputi produk dan proses.
A.
Inti Pembelajaran (30
menit)
1)
Menyajikan informasi
kepada peserta dengan meminta peserta membuka buku ajar lalu pelatih
mendemonstrasikan pengetahuan deklaratif menulis paragraf eksposisi langkah
demi langkah dan juga cara penulisan yang benar langkah demi langkah.
2)
Meminta salah satu
peserta untuk menjelaskan kembali hal-hal yang telah didemonstrasikan oleh
pelatih, jika terdapat kesalahan langsung diberikan umpan balik.
3)
Meminta peserta untuk
mengerjakan LKS tentang pembelajaran menulis paragraf eksposisi.
4)
Meminta perwakilan
peserta untuk mempresentasikan hasil kinerjanya dan langsung diberikan umpan
balik.
B.
Penutup (5 menit)
Bersama-sama peserta merangkum kegiatan
hari ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar